DEFINISI BATIK

Batik adalah kain bercorak. Definisi batik ini mendominasi persepsi masyarakat tentang batik. Setiap kain bercorak selalu bermakna batik. Persepsi  tetang batik ini pasti memicu polemik, karena ada yang kukuh berpendapat, bahwa tidak setiap kain bercorak bisa disebut batik.

Lalu, apa definisi batik? Istilah batik berasal dari rangkaian dua kata bahasa Jawa yaitu amba dan tik. Amba berarti menulis. Tik berarti titik. Dari rangkaian dua kata Jawa tersebut, ada yang memaknai batik sebagai ngembat titik atau rambating titik, yang berarti rangkaian titik-titik.

Batik berarti menitikan malam / lilin panas dengan canting sehingga membentuk corak / motif yang terdiri atas susunan titik dan garis.

Lebih teknis lagi, batik merupakan hasil penggambaran corak di atas kain dengan menggunakan canting sebagai alat gambar dan malam / lilin sebagai zat perintang.

Berarti Teknik Batik merupakan penerapan corak di atas kain melalui proses celup rintang warna dengan malam sebagai medium perintangnya.

Konvensi Batik Internasional di Yogyakarta pada tahun 1997 menyepakati, definisi batik secara umum adalah proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan menggunakan lilin batik (wax) sebagai alat perintang warna. Jika prosesnya tanpa menggunakan lilin batik maka tidak bisa dinamakan batik, dtetapi disebut tekstil bermotif batik.

Namun yang pasti, batik berkaitan erat dengan pekerjaan halus, lembut, dan kecil serta mengandung unsur keindahan. Jadi, batik adalah karya seni lukis yang ditorehkan pada kain mori dan sejenisnya, dengan mengunakan canting dan malam atau lilin sebagai alat lukisnya dan sekaligus berfungsi untuk penghalang motif dan warna yang diinginkan.

Incoming terms:

  • definisi batik pada konvensi batik di yogyakarta tahun 1997

, , , , ,

css.php

Copyright © 2012 - 2017 Batikin.com All Rights Reserved.
Jakarta - Indonesia

Master Toko Online e-Commerce

X